Mau Sehat Sampai Tua, Yuk Baca Buku

Terkadang banyak orang terheran-heran kenapa masih banyak orang yang tidak suka baca. Bukankah semua sepakat bahwa dengan membaca orang bisa makin cerdas dan bertambah ilmu serta pengetahuanya semakin luas. Tapi itulah manusia, semua memiliki kesukaan dan hak mereka masing-masing.
Semoga informasi yang dikutip dari pedomannews.com (18/6/2011) ini bisa memberikan motivasi atau semangat masyarakat luas bahwa ternyata dengan membaca dapat membuat tubuh sehat sampai tua.
Ternyata untuk bisa hidup sehat sampai usia senja, tidak hanya dapat kita peroleh dari makanan dan pola hidup yang sehat saja. Membaca buku juga mampu kemampuan kognitif dan saraf agar tak menurun, yang artinya dapat membuat tubuh sehat sampai tua.
Seorang fisioterapi dari Germany’s Society for Gerontology and Geriatrics, Manfred Gogol mengatakan bahwa membaca merangsang pertumbuhan sinaps, penghubung antar saraf. Membaca juga membuat daya imajinasi dan kreativitas seseorang terjaga.
“Hal ini jelas merupakan aset yang sangat berharga di saat tua. Apalagi kaum lansia memiliki berbagai masalah yang menyebabkan diri mereka sangat tergantung pada orang lain,” ucap Gogol seperti dikutip dari situs indiavision.
Gogol menyarankan agar kita mulai membaca setiap hari. Jika sebuah novel dirasa terlalu berat, pilih saja bacaan ringan seperti kumpulan cerpen atau bahkan puisi.